Melindungi Ponsel dari Suhu Panas Musim Kemarau



Paparan sinar matahari mungkin berpengaruh besar pada komponen internal ponsel. Bahkan dalam sebanyak kasus, ponsel terlalu panas dapatmengakibatkan hilang data, juga memperlambat kinerja. Baterai ponsel yang kena panas mungkin cepat bocor dan bahkan ponsel yang panas dapatmenakut-nakuti keselamatan.

Oleh karena itu, berikut 6 kiat yang dikutip dari TIME untuk mengayomi ponsel dari suhu yang terus meningkat:

Keluarkan ponsel dari saku

Saat hari sedang panas, tidak boleh tidak jarang kali meletakan ponsel dalam kantunguntuk menurunkan suhu ponsel dan membuatnya kembali dingin. Suhu panas tubuh akan menghambat proses pendinginan ponsel.

Pengguna juga usahakan menjauhkan ponsel dari benda-benda yang mudah menghantarkan panas. Dalam persoalan tertentu, ponsel terlalu panas atau overheat dapat menyebabkan bocornya baterai atau bahkanmenghanguskan ponsel.

Aktifkan mode 'Airplane'

Bukan hanya suhu eksternal yang dapat menyebabkan ponsel overheat. Jika pemakai main game atau menggarap panggilan telepon tanpa henti, ponsel bekerja lebih keras dan menyebabkan panas. Terlebih bila dikombinasikan dengan suhu yang sedang terik seperti pada saat musim kemarau, hal ini dapat menyebabkan ponsel 'overheating'.

Maka sekali sekali, setel mode airplane untuk mendinginkan kembali ponsel, atau bahkan akan lebih baik bila pemakai berhenti menggunakan ponsel untuk sebanyak waktu.

Jangan tinggalkan ponsel di dalam mobil

Mobil itu layaknya tempat tinggal kaca di terik matahari. Penelitian menunjukan bahwa mobil yang diparkir dibawah sinar matahari pada suhu 35°C akan mencapai suhu 46° C dalam waktu satu jam.

Perusahaan Apple menganjurkan supaya tidak menggunakan iPhone ketika suhu lebih dari 35° C. Mereka juga menambahkan pesan untuk semua pemakainya agar tidak meletakan ponsel di tempat yang memiliki suhu lebih dari 45° C.

Jangan isi baterai di bawah sinar matahari langsung

Jika pemakai meninggalkan ponsel dibawah paparan sinar matahari langsung ketika sedang mengisi daya baterai ponsel, maka sinar matahari akan menambahkan panas yang sudah ditransfer dari listrik yang terhubung ke baterai ponsel. Tentunya, hal ini akan menyebabkan ponsel lebih panas dari yang seharusnya

Jangan isi baterai di bawah bantal

Jangan meninggalkan ponsel yang sedang isi daya di bawah bantal, selimut, atau bahan apapun yang memiliki sifat menghangatkan. Di cuaca panas, aliran panas akan terhantar ke ponsel dan pengisian baterai dapat menyebabkan panas berlebih bila ponsel tak tidak dipedulikan menerbitkan panas secara efisien. Pastikan mengisi daya baterai dilokasi sejuk dan tak terpapar sinar matahari langsung.

Posting Komentar

0 Komentar